Thursday, May 23, 2013

The Story of AMUKTI PALAPA





"Ketika bangsa ini bersatu laksana keris tajam yang siap menusuk" #AMUKTIPALAPA @ORANGECAKEc
Jojoz is here. Tapi memang kebanyakan gue yang posting di sini sih, tapi kali ini gue mau pake bahasa gue sendiri.

Intinya tetap sama "Jangan Lupakan Sejarah". Kita punya sejarah yang besar, bangsa yang besar pasti punya sejarah yang besar. Bangsa kita dulu mempunyai negara yang besar dan kuat bernama Majapahit dan Sriwijaya dimana keduanya menguasai jalur perdagangan yang strategis pada waktu itu. Jika kita dulu mempunyai negara sebesar Majapahit jelas kita punya potensi untuk menjadi negara sebesar itu.

Ide awalnya adalah KEJAYAAN MAJAPAHIT. Setelah membaca literatur-literatur, bertanya pada narasumber-narasumber akhirnya PERSATUAN makna yang tepat untuk KEJAYAAN MAJAPAHIT. Dan KEJAYAAN MAJAPAHIT sendiri dimulai riwayatnya dengan adanya peristiwa AMUKTI PALAPA.

As you know, Amukti Palapa adalah sebuah peristiwa dimana patih Gajah Mada pada zaman Majapahit bersumpah akan menyatukan seluruh Nusantara dibawah panji-panji Majapahit di depan para petinggi Majapahit pada waktu itu.

Sebenernya ada kontroversi tentang usaha Gajah Mada untuk menyatukan negeri ini. Apakah ini termasuk penjajahan atau bukan? Menurut dosen wawasan kebangsaan gue, Nusantara pada waktu itu sudah dikenal oleh orang-orang Majapahit. Jadi gue menangkap bahwa yang dinamakan invasi atau perluasan wilayah adalah suatu usaha mengambil wilayah orang lain tanpa tau daerahnya. Menurut salah satu temen gue, perluasan wilayah pada zaman kerajaan memang dibenarkan dan bukan menjadi persoalan. Kalo menurut Bung Karno, sosok Gajah Mada bukanlah sosok yang gigih menyatukan Nusantara, tapi Gajah Mada ditopang oleh sifat pribadi orang Nusantara pada waktu itu yang tak asing dengan rasa persatuan.

Adapula kontroversi tentang perang Bubat yang melegenda hingga merubah budaya Sunda tentang pandangannya terhadap orang Jawa Timur. Kalo menurut gue sih gak masalah tentang kontroversi penjajahan, toh pada akhirnya dalam kitab Negarakertagama dijelaskan bahwa keadaan Majapahit pada waktu itu makmur sentosa, gemah ripah loh jinawi.

Oke, kita bahas desainnya dan trivia-trivianya. Yang jadi pusat dari fokus adalah keris jawa. Gue sendiri berpendapat Majapahit identik dengan budaya Jawa. Dan budaya Jawa tidak melulu tentang batik, jadi gue mengangkat keris dengan ciri khas melengkungnya. Menurut Wikipedia, keris pada zaman Majapahit sebenernya tidak ada ciri melengkungnya. Namun gue anggep itu gak menjadi persoalan, dimana gue angkat keris zaman sekarang untuk mewakili Majapahit sebagai budaya Jawa.

Gue baca, sarung keris merupakan hal yang penting juga dalam pembuatan keris. Dimana ada ukiran-ukiran tersendiri ketika para pandai besi membuatnya. Jadi gue pikir gue gak bisa meninggalkan kerisnya sendirian tanpa sarungnya, maka gue taruh sarungnya di sebelah keris meski posisinya tidak simetris lagi.

Keris menurut gue maknanya lebih universal dengan pengertiannya yang lebih ke arah PENCIPTAAN MANUSIA. Jadi icon-icon yang lo liat mengelilingi si keris adalah unsur-unsur pembentuk keris. Logam berasal dari unsur tanah dilambangkan dengan icon paling atas, lalu dibawahnya ada unsur angin yang menghidupkan unsur api yang akan melelehkan logam tersebut dan membentuknya lalu ada unsur air yang membuat keris menjadi keras. Lalu setelah itu keris ini mendapat unsur "aku" yang ditandai dengan icon bundar dengan angka satu di dalamnya. Ini semua diterangkan di Wikipedia.

Dalam agama gue sendiri, 4 unsur ditambah 1 unsur ini yang menciptakan manusia. Unsur tanah, angin, api dan air membentuk tubuh manusia lalu unsur "aku" yang ditiupkan oleh Tuhan untuk membuat manusia menjadi hidup. Namun dalam pengertiannya tentang AMUKTI PALAPA, gue mengartikannya sebagai PERSATUAN. Perbedaan unsur-unsur yang ikut membentuk keris itu menjadikannya persatuan, Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk icon-icon untuk unsur-unsurnya yang mengambail dari Nickeledeon Avatar, gue sendiri mengakui ini kelemahan gue sebagai desainer karena mengandalkan kepraktisan semata.

Kali ini gue juga menaruh judul desain di dalam desainnya, harapannya agar orang-orang lebih peduli tentang makna desain kali ini. Semoga saja orang-orang pun mulai mencari dan membaca postingan ini. Amin.

Salam keberanian,
@aliasjojoz




1 comment:

Sewa Mobil Paiton said...

Terima kasih atas segala yang telah Anda berikan kepada kami, saya yakin semua ini berguna bagi kita semua.