Monday, April 22, 2013

Produk Kita Adalah Karya - Doktrin Oranje Ridder




Kapitalisme adalah sebuah faham yang menyatakan agar mengeruk keuntungan seluas-luasnya dengan segala cara. Kapitalisme berafiliasi erat dengan perdagangan dimana monopoli menjadi senjata ampuh untuk mencapai cita-cita kapitalisme.

Kita bukan produk Kapitalisme, mengeruk keuntungan yang banyak untuk golongannya sendiri. Kita bukan produk Kapitalisme yang di otaknya hanya strategi-strategi busuk agar orang-orang membeli produk kita. Kita adalah seorang manusia yang mengahasilkan sebuah karya. Kita tidak menjudge orang yang berpaham kapitalisme itu salah, tapi kita juga tidak membenarkannya.

Kita tidak menganggap produk yang kita hasilkan sebagai sebuah barang dagangan. Kita menganggap produk kita sebagai karya. Seperti halnya pelukis yang berkarya dengan lukisan. Seperti halnya desainer yang berkarya dengan desain-desainnya. Seperti halnya musisi yang berkarya dengan musik-musik yang dihasilkannya. Seperti halnya anak band yang berkarya dengan lagu-lagu mereka yang diperdengarkan.

Kita juga membuat lagu, kita juga memasukkan pesan-pesan di dalamnya, kita juga memainkan lagu, kita juga memperdengarkan lagu tersebut ke orang lain dengan cara kita, dengan cara clothing, dengan cara sebuah perusahaan yang menghasilkan sebuah kostum.

Kita buat lagu kita dengan desain-desain, dari bahan dari kualitas yang bagus, kita memasukkan pesan-pesan nasionalisme di lagu-lagu kita berupa desain-desain dengan simbol nasionalisme, kita memainkan dan memperdengarkan lagu kita dengan promo produk kita dengan berbagai cara, kita membuat orang menyanyikan lagu kita dengan memakainya untuk dipamerkan ke orang lain.

Seperti itulah kita bekerja. Semoga Tuhan memberkati.

@aliasjojoz

No comments: