Saturday, December 1, 2012

December's Story, Friendship Is Never End




Bagaimana melihat hubungan pertemanan di era horizontal seperti sekarang rasanya dunia semakin bisa dipertimbangkan menjadi lebih humanis lagi. Dalam ide Marketing With Human Spirit nya pak @hermawank para brand besar yang kokoh di atas dituntut untuk ke bawah menjadi seperti manusia yang bisa berbicara, bersosialisasi dan berkomunikasi. Erat kaitannya dengan komunitas, para brand-brand kecil dianjurkan untuk masuk ke komunitas-komunitas. Bukan untuk jualan tetapi menjadi teman yang bisa membantu dan dibantu. Para brand besar yang mempunyai dana besar memang bisa saja menciptakan komunitas.

Komunitas musik indie terutama yang berada di jalur underground yang keras beberapa tahun ini begitu kuat bahkan pergerakannya cukup militan dan lebih bagus daripada era sebelum internet, jaringannya pun luas. Mereka punya kualitas musik sebagai band besar namun tetap horisontal yang bisa dijadikan teman, bukan seperti artis-artis besar yang sombongnya minta ampun. Hahaha. Dunia indie music tak seperti dulu yang terkenal sulit sekali dalam finansial, karena sekarang banyak orang-orang bisnis yang mendukung komunitas-komunitas ini dalam hal finansial mereka meskipun tidak seberapa.

Gue kenal Crooz clothing memang barus-baru saja, tapi pergerakan mereka sendiri sejak tahun 2004. Mereka turut membesarkan band-band indie macam Thirteen, Sweet As Revenge atau mungkin Killing Me Inside, dll. Mungkin pergerakannya tidak cukup luas hanya Indonesia dan sekitar Asia Tenggara aja namun konsistensi mereka sejak dulu patut diajungi jempol.

Hal yang sama dilakukan Petersaysdenim yang full support kepada komunitas indie dan langsung menembak pasar luar negeri. Mereka turut mensponsori festival-festival indie besar macam Warped Tour yang berada di Canada atau baru-baru ini AP tour. Warped Tour kalo gak salah gue inget itu festival yang pernah diikuti sama Paramore yang notabene band rock dengan label besar. Sungguh tidak sedikit finansial yang didukung untuk menancapkan nama mereka di dunia.

Orange Cake ingin menjadi teman bagi semua komunitas indie. Orange Cake ingin menjadi teman bagi komunitas photography. Orange Cake ingin menjadi teman bagi komunitas para pencipta logo.

Because friendship is never end.

No comments: