Tuesday, November 20, 2012

Ridders And Krijgers


Ridder And Krijgers

oranjeeiland.blogspot.com


Mungkin kesalahan gue ya, gak pernah jelasin apa sih Ridder apa sih Krijgers. Gue yakin cuma ada satu orang selain gue yang tau istilah ini >> orang yang nginspirasi nama Orange Cake ke gue, tapi gak tau juga sih perlu dikonfirmasi lebih lanjut x)

Sebelumnya lo harus liat cerpen gue tentang seorang anak yang berlayar ke Oranje Eiland di oranjeeiland.blogspot.com maka lo bakal sedikit tau tentang dua istilah ini :)

Okay. 2 istilah ini berbahasa Belanda (menurut Nokia Dictionary x)). Ridder berarti Knight, Ksatria dalam suatu kerajaan.  Dan Krijgers adalah Warrior, pasukannya para Ksatria. Ibarat kalo di dalam sistem ketentaraan di Indonesia, Ridder itu perwira sedangkan Krijgers itu tamtamanya.

Gue memakai istilah Krijgers untuk memanggil para orang-orang yang support kepada Orange Cake Creative (terutama di Facebook). Dan gue memakai istilah Ridder untuk memanggil orang-orang yang berada dibalik Orange Cake Creative, gue sendiri memanggil diri gue sendiri dengan Vector Ridder dimana dalam cerpen itu bahwa itu sebuah nama legiun ellit di Oranje Eiland :)

Kalo lo memperhatikan dan mengikuti SchitzoAppareal ini emang sama persis, tapi gue gak sependapat kalo kita menganggap para Warrior/Krijgers kita itu konsumen kita, target pasar kita. Tapi gue lebih setuju kalo dianggap seperti ini.

Para Krijgers ibarat para penduduk Oranje Eiland yang ikut membangun Oranje Eiland. Entah dengan dia membangun sebuah pasar, membangun jembatan, membangun rumah, membangun hospital, membangun bar atau mungkin membangun taman dengan full wifi, pokoknya membangun fasilitas-fasilitas di Oranje Eiland sehingga orang-orang berdatangan, menetap dan betah di Oranje Eiland. Sedangkan para Oranje Ridder?

Oranje Ridder itu ibarat para eksekutif pemerintahan yang selalu turun ke lapangan layaknya pak Jokowi yang senang banget 'blusukan' di kampung-kampung Jakarta. Hohoho. Serius ini gue terinpirasi sama beliau, dimana dengan turun ke lapangan kita bisa mendengar saran dan kritik dari masyarakat dan membangun percakapan dengan mereka sehingga terlinbat sebuah hubungan. Jelas hubungan mutualisme tentunya :)

Okay, bagaimana menurut anda?

No comments: