Thursday, August 2, 2012

Apa Itu E-Book?


APA ITU E-BOOK?

Annyeong haseyo~~
Saya hadir dengan tulisan pertama mengenai e-book.  Meski tak tahu banyak mengenai e-book, tapi saya berniat berbagi sedikit seputar dunia e-book yang telah saya ketahui. Mengapa demikian? Karena e-book saat ini sedang menjadi trend di masyarakat. Tahukah kalian apa itu e-book? Pasti jawabannya beragam! Ada yang tahu, namun ada pula yang belum. Karena itulah, mari kita sama-sama mencari tahu apa itu e-book sebenarnya.
E-book atau  electronic book adalah sejenis buku digital yang penggunaannya sangat praktis. E-book ini berisi tulisan-tulisan dengan fitur-fitur pencarian sehingga memudahkan pembaca untuk menemukan apa yang dicarinya. E-book dengan format digital ini selain berbentuk teks, bisa juga berbentuk gambar. Pada umumnya, e-book bisa didapatkan melalui proses mengunduh di internet.
Selain praktis, e-book juga bersifat tahan lama. Tak seperti buku pada umumnya yang terbuat dari lembaran-lembaran kertas sehingga memudahkannya untuk rapuh, dimakan kutu buku dan usang.
Namun yang menjadi masalah dalam e-book adalah adakah orang yang mau mengunduh e-book? Mengingat rendahnya minat baca di Indonesia, untuk membaca dari buku berbentuk real (baca: buku cetak) saja jarang sekali orang menyukainya, apalagi lewat e-book.
Meski dikatakan praktis, kebanyakan orang-orang tak menyukainya akibat harus mengunduh. Daripada mengunduh e-book, kenyataan yang beredar di masyarakat adalah mereka lebih menyukai duduk manis berjam-jam menghadapi situs jejaring sosial.
Oke! Cukup sekian dan terimakasih. ^^


JASA PEMBUATAN E-BOOK

Setelah membahas sedikit mengenai apa itu e-book, kini saatnya kita membahas jasa pembuatan e-book di negeri ini.
Sebagai warga negara yang baik, tentu kita harus bangga karena kini sudah ada situs yang menerima pembuatan e-book secara sukarela asalkan penulis mau diajak bekerjasama hingga karyanya selesai di publikasikan melalui e-book. Adapun situs yang menerima pembuatan e-book adalah ‘Orange Cake Creative Community’.
Mengandalkan kemauan, kreativitas, dan kerja keras, Orange Cake Creative Community ini telah berhasil membuat beberapa e-book. Adapun e-book yang telah dipublikasikan ialah e-book beberapa buah fan fiction.
E-book fan fiction pertama yang dibuat oleh Orange Cake Creative Community ini berjudul ‘Pathetic Nerd and Failed Cinderella’s Night’ karya DF. Lalu e-book kedua datang dari MissCL dengan kumpulan FF nya ‘3 One Shoot Big Bang’. Terakhir ‘Autumn Rhythm’ karya Akira Naoyuki.
Desain dari ketiga fan fiction ini disesuaikan dengan tema dan isi dari cerita fan fiction yang disajikan. Dengan komposisi warna-warna cerah namun menyejukkan (dalam artian tidak norak) menjadi ciri khas e-book hasil garapan Orange Cake Creative Community ini. Untuk mengenal lebih jauh mengenal Orange Cake Creative Community, silahkan klik situs dibawah ini: http://orangecakecreative.blogspot.com/2012/06/daftar-ebook-untuk-proyek-grafis-tulis.html

A Review by Nadya Rahmadya

No comments: