Friday, June 15, 2012

Mencoba Membuka Kursus Desain!

Ide ini bermula dari kang Zaggo. Entah tiba-tiba sms gue mengajak temen-temen gue bila ada yang minta untuk belajar desain. Kemudian gue angan-angan untuk prospeknya. Bagus juga. Hal ini memang muncul setelah prospek untuk Rental Film juga belum tumbuh untuk mengakalinya. Hehehe.

 

Setelah kita obrolin lebih lanjut, ternyata untuk membuka kursus desain kadang kita bertanya pada beberapa hal.

 

Pertama. Kualitas kita sebagai pengajar. As you know, for your information kita berdua ini basic nya ada di desain selama setahun terakhir ini.  Kang Zaggo inilah yang ngenalin gue dunia desain. Dan kita berdua adalah orang otodidak.

 

Kedua. Software yang kita berdua paling kita kuasai hanya Corel Draw, jadi kita hanya menguasai desain vector doang. Sedangkan desain gak cuma vector, ada rasterize, motion graphic, drawing, 3d, dsb. Lalu software untuk vector itu sendiri yang paling banyak dipakai dan ekslusif adalah Adobe Illustrator, sedangkan yang kita punya cuma Corel Draw.

 

Kalau masalah AI (Adobe Illustrator) dan CDR (Corel Draw) memang masih bisa diakali untuk fitur-fiturnya namun kebanyakan tutorial di internet memakai AI. Kan peserta didik kita pengennya gak cuma belajar di kita doang.

 

Ketiga, ternyata kalau kursus itu juga perlu ijin. Nah ini nih yang paling nyebelin dan anti banged. Citra birokrasi yang berbelit-belit itu terlalu membayangi diri gue :p

 

Keempat, baru inget kalo kursus juga butuh sertifikat. Gue belum pernah liat sertifikat kursus soalnya. Hihihi. Lagian belum kesusun juga kurikulumnya kek gimana. Tapi banyak tutorial yang bisa diambil di mesin pencari :p

 

Walaupun ketiga pertanyaan itu terbayang dan menghalangi jalan akhirnya gue tetep jalan dan mendapatkan satu temen gue yang siap buat kursus. Cewek. Dan mudahan dia dapet temen kursus.

 

Oh iya. Karena ketiga pertanyaan itulah untuk sementara ini kita dalam masa percobaan membuat kursus. Menunggu kang Zaggo membeli monitor baru juga. Jadi sementara ini kita mengkhususkan diri untuk temen-temen gue dan orang-orang di “lingkungan” gue. Dan tentu saja tempat kursusnya di Setting.

 

Apa gue coba les privat aja ya?

 

Jojoz, The Lord of Hueco Mundo @OrangeCakeKreat

 

Ps: gue butuh julukan buat Elektra Wijaya anyway

No comments: